Tips Merawat Diri

1.Atasi Dehidrasi Kulit

cooldesak - Penyebab dehidrasi tidak hanya berefek pada tubuh saja, melainkan pada kulit Anda. Anda, pun, akan mengalami yang namanya kehilangan kelembaban pada kulit. Masalah ini terutama dialami bagi mereka yang memiliki jenis kulit kering. Selain kulit terasa jauh lebih kering yang dapat menyebabkan kulit menjadi lebih tipis dan juga terlihat berkeriput. Untuk itu, Anda perlu mengetahui, untuk menjaga kelembaban pada kulit agar tidak terjadi dehidrasi kulit atau kehilangan cairan pada kulit.

- Mengawalinya, Anda disarankan untuk minum air putih delapan gelas atau lebih dalam sehari.

- Mengkonsumsi minuman berenergi bagi mereka yang aktif juga baik untuk menghindari dehidrasi kulit. Karena kandungan rasa dan sodium yang cukup tinggi didalamnya. Dapat Anda dapatkan di supermarket-supermarket terdekat.

- Agar tidak mengalami dehidrasi kulit, sebaiknya hindarkan minuman yang mengandung kafein dan juga minuman yang mengandung alkohol.

- Minuman yang mengandung carbonat, juga baiknya dihindarkan, karena pada saat pembakaran, dapat menyebabkan penggelembungan atau perut terasa penuh cairan, yang membuat Anda menjadi malas untuk mengkonsumsi air putih.

- Selain mengkonsumsi cairan yang banyak, ini juga didukung dengan Anda sendiri, misalnya dengan mengenakan pakaian berwarna terang, yang dapat menyerap keringat. Dan sebaiknya kenakan pakaian yang tidak terlalu sempit atau berukuran pas.

- Jika Anda hari itu banyak menghabiskan waktu di luar ruangan atau di lapangan, jangan lupa oleskan sunblock untuk menghindari matahari yang berlebih, sehingga kulit terjaga kelembabannya. Dan tentunya, agar kulit tidak terbakar dan menjadi hitam.

Menjaga kulit tetap sehat, ternyata tetap ada aturannya, yah! So, selain bermanfaat bagi Anda, karena senantiasa kulit tetap terlihat kenyal dan lembab, tubuh juga tidak kekurangan cairan, kan? (ros)


2.Yoga Mampu Atasi Gagal Jantung

cooldesak - Melalui hasil uji penelitian terkini, diberitahukan bahwa dengan berlatih yoga selama 2 bulan lamanya, terbukti mampu memberikan manfaat bagi mereka yang menderita penyakit jantung yang pernah terkena serangan jantung, juga untuk mengurangi resiko inflamasi yang kerap dikaitkan dengan kematian.

Bahkan ditemukan 5 juta warga Amerika divonis mengidap penyakit jantung kronis, yaitu kondisi dalam jangka panjang tertentu akan sampai dimana jantung tidak mampu untuk memompa darah secara efesien di bagian tubuh lainnya. Yoga merupakan salah satu alternatif pilihan, walaupun telah menggunakan obat-obatan modern yang disertai terapi.

Penelitian ini dilakukan oleh tim di Sekolah Tinggi Kedokteran, Universitas Emory, Atlanta. Bahwa selama delapan pekan, melakukan latihan yoga, 19 penderita jantung yang pernah mengalami serangan, terbukti efektif mengurangi tanda-tanda inflamasi yang berdampak gagal jantung. Selain tentu juga dengan meningkatkan toleransi terhadap latihan fisik serta kualitas hidup yang baik.

Para peneliti tersebut mengungkapkan, bahwa hampir sebagian orang yakin dengan latihan yoga, dapat memberikannya manfaat bagi pemulihan kesehatan jantung yang telah kronis. “Yoga juga dapat memberikan dampak yang baik terhadap mekanisme aksi yang dapat memulihkan pasien yang pernah mengalami gagal jantung,” ungkap para peneliti saat memberikan hasil presentasinya pada pertemuan tahunan Ahli Penyakit Jantung.

Temuan hasil penelitian, adanya perbedaan yang cukup signifikan bagi mereka yang berlatih yoga dengan mereka yang hanya terapi standar, yaitu tanda-tanda biologis didalam darah, seperti interleukin-6, reaktif protein-C, dan superoksida dismutase ekstra selular, yaitu mencapai 26 persen yang menentukan standar kualitas hidupnya jika dibandingkan dengan mereka yang melakukan terapi saja, yaitu hanya mencapai 3 persen. Belum lagi saat mereka menjalani pengobatan, biasanya yang kerap berlatih yoga, tanpa disertai komplikasi.

Dr. Nieca Goldberg, profesor ilmu kedokteran dari Universitas New York bahkan menyarankan kepada seluruh pasiennya untuk berlatih yoga dan tai chi, salah satu beladiri tradisonal asal China, “Gerakan-gerakannya seperti aerobic. Dan sering kali, pasien yang gagal jantung mengalami masalah dalam latihan fisik, karena cenderung cepat lelah dan nafas pendek. Itu disebabkan karena berkurangnya daya kemampuan jantung untuk memompa darah keluar masuk ke jantung,” paparnya. (ros)


3.Kurangi Kolesterol Dengan Oatmeal

cooldesak - Oatmeal atau bubur gandum, yang biasa dimakan saat sarapan pagi, selain membuat perut Anda lebih tahan lama akan rasa lapar sebelum waktunya makan siang, itu dikarenakan, kandungan didalamnya kaya akan serat jika dibandingkan dengan nasi. Juga terbukti menjaga kesehatan tubuh kita, yang mampu mengendalikan kadar kolesterol di dalam darah, seperti yang disebutkan lembaga Food and Drugs Administrations (Badan POM Amerika).

Jangan keburu bosan dengan rasa oatmeal yang itu-itu saja, Anda dapat berkerasi dengan menambahkan jenis rasa didalamnya, seperti tambahan buah di dalamnya, sehingga rasanya lebih nikmat. Yang perlu ketahui, sekarang sudah banyak makanan enak yang dibuat dari oat, salah satunya cokies, yang bisa dijadikan camilan sehat diwaktu senggang, pengganti snack dan cokelat.

Di Amerika dan Eropa sendiri, kebiasaan memakan oatmeal saat sarapan sudah dimulai sejak tahun 80’an. Dengan dikombinasikan dengan pola makan yang benar, bahkan oatmeal mampu mengurangi resiko serangan jantung. Karena kandungan seratnya mampu menyerap dan dapat menurunkan tekanan darah tinggi bagi si penderita.

Oatmeal sendiri banyak jenisnya, seperti Rolled oatmeal, yaitu oatmeal yang sudah dimasak, disajikan kering, bisa juga dijadikan bahan baku sereal bahkan kue kering. Instant oat, namanya juga instant, hanya tinggal diberi air, siap disajikan. Whole oat, kandungan serat yang paling tinggi, biasanya biji oat-nya dikemas mentah dan dibuang kulit luarnya. Scotch oat, penyajiannya seperti sereal, sama dengan rolled oat, bedanya lebih dihaluskan. Dan yang terakhir Quick oat, biasa digunakan untuk kue, bentuknya seperti serpihan pipih.

Sarapan mengenyangkan sekaligus menyehatkan? Oatmeal jawabannya. (ros)


4.Wajah Segar dengan Jeruk Nipis

cooldesak - Memiliki kulit wajah berminyak terkadang membuat Anda di repotkan dengan minyak yang berlebih. Sebenarnya gampang mengakalinya, hanya dengan jeruk nipis, kulit wajah yang berminyak akan tampak segar berseri.

Jeruk nipis yang seringkali di pakai untuk penyegar minuman dan makanan, ternyata ampuh juga membuat kulit Anda nampak fresh. Caranya, pun, mudah banget, hanya dengan menjadikan jeruk nipis sebagai masker wajah. Karena fungsinya yang dapat mengontrol minyak berlebih pada wajah.

Terlebih dulu, cuci bersih jeruk nipis, kemudian belah menjadi dua bagian. Peras airnya, lalu gosokkan bagian kulit jeruk pada wajah yang sudah bersih, sebelumnya wajah dibilas terlebih dahulu. Lakukan kurang lebih selama satu menit. Setelah rata, diamkan selama sepuluh menit, agar sari jeruk nipis meresap kedalam pori-pori. Barulah dibilas hingga bersih.

Wajah akan tampak segar dan bebas minyak untuk waktu yang cukup lama. (ros)


5.Mengenal Jenis Kulit Wajah Anda

cooldesak - Seringkali salah kaprah saat memilih perawatan wajah yang akan digunakan? Salah-salah hanya akan membuat kulit wajah Anda iritasi, bahkan yang lebih parahnya lagi, kulit wajah mengelupas dan merah-merah. Untuk menghindari kesalahan penggunaan produk kecantikan, ada baiknya Anda harus memahami betul jenis kulit wajah. Jangan sampai kulit wajah kombinasi, kering-berminyak, hanya akan membuat kulit Anda makin tampak berminyak, ketika kurang tuntas membersihkannya. Atau bisa juga terjadi, penggunaan astringent bagi kulit normal hanya menyebabkan wajah terlihat makin kering.

Cara mudah yang dapat dilakukan untuk mengetahui jenis kulit wajah Anda. Yaitu, bersihkan wajah Anda terlebih dahulu, diamkan kurang lebih satu jam lamanya, dan hindari produk kecantikan apapun. Baru kemudian, dengan bantuan tisu, tekan beberapa bagian, seperti hidung, kening, pipi, dan dagu. Dengan cara itu, Anda dapat mengetahui jenis kulit wajah apa yang Anda miliki.

Bila tidak dirasakan berkas minyak di kulit wajah, Anda memiliki kulit wajah normal. Sebaliknya, jika pada permukaan wajah ditemukan berkas berminyak, itu tandanya Anda memiliki kulit wajah berminyak. Lain lagi bagi Anda yang berjenis kulit kering, yaitu bila terdapat serpihan kulit yang ikut terbawa tisu. Ada baiknya, sebelum bermakeup atau sebelum pergi tidur, Anda mengoleskannya dengan pelembab. Nah, jika hanya pada beberapa bagian saja di daerah T (kening, hidung, dan dagu) yang terdapat berkas minyak, maka jenis kulit Anda kombinasi, kering dan berminyak. (ros)


6.Mata Indah Bebas Kerutan

cooldesak - Bagian mata dan sekitarnya memang dikenal sebagai daerah yang sensitif, karena memiliki kulit yang tipis. Salah-salah membuat kulit di seputar mata iritasi. Keseringan begadang juga membuat mata Anda terdapat lingkaran hitamnya. Jelas membuat tampilan makin kusam, kan? Nah, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk merawatnya,

- Setelah lepas beraktivitas, tidak hanya kulit wajah yang diperhatikan, daerah kulit seputar mata, pun, jangan sampai ketinggalan. Bersihkan mata dengan menggunakan pembersih lembut. Dan lebih baiknya, gunakan pembersih yang memang khusus mata. Yang jelas-jelas memiliki kandungan minyak yang tinggi, gunanya agar kelembaban mata tetap terjaga.

- Nah, yang satu ini wajib bagi Anda yang sering kali bermasalah dengan lingkaran hitam di seputar mata, gunakan krim pelembab yang dapat di oleskan secara perlahan dengan jari pada daerah seputar mata. Ada baiknya gunakan dua kali sehari, yaitu pagi dan malam hari sebelum pergi tidur. Selain pemakaian krim, Anda juga dapat mengoleskan dengan minyak zaitun.

- Mata sembab atau bengkak, sering pula menjadi kendala saat ingin pergi beraktivitas, rasanya seperti habis nanggis, nggak lucu, kan, harus tampil dengan mata bengkak atau sembab? Mudah kok, tinggal kompres mata sebentar dengan irisan timun atau kompres yang memang khusus mata. Baru dioleskan pelembab, untuk mengurangi bengkaknya.

- Satu lagi yang terpenting, adalah memilih kandungan SPF pada pelembab mata. Baiknya pilih SPF yang dapat mencegah kerut akibat pengaruh ultra violet. Untuk tampil maksimal, yang dapat menyamarkan garis-garis kerut tipis pada sekitar mata, oleskan pelembab yang mengandung alpha hydroxyl acid (AHA). (ros)


7.Golden Spoon Therapy Percantik Kulit Seketika

cooldesak - Emas merupakan pengantar yang jarang sekali menimbulkan alergi, sehingga banyak teknik perawatan kulit menggunakan bahan ini. Seperti, Golden Spoon Therapy, yang merupakan sebuah terapi wajah untuk meremajakan kulit. Tak hanya itu saja, tetapi juga membantu proses regenerasi dan pembaharuan sel-sel kulit. Perawatan kulit dengan golden spoon therapy ini, memang terbilang cukup unik, karena alat berbentuk sendok dari emas 24 karat. Rupanya semakin maju teknologi, semakin maju pula teknik untuk mempercantik kulit.

Jika banyak perawatan membutuhkan waktu lama untuk memperoleh hasil maksimal, tidak demikian dengan golden spoon therapy. Teknik ini terbilang cepat dengan faktor resiko sangat kecil. Sebab, penggunanaan emas, lah, yang meminimalisir alergi kulit.
Golden Spoon Therapy, saat ini cukup digemari para wanita. Khususnya mereka yang peduli penampilan dan kecantikan kulit wajah. Wajah terlihat lebih muda, kencang, bening, bersih sekaligus melembabkan, hanya dalam waktu sekejab saja. Jadi tak perlu berkali-kali untuk melakukan treatment ini.

Cara Kerja Unik

Gabungan panas, getaran dan aliran listrik dan emas sebagai penghantar merupakan cara kerja yang unik dan menjadi keistimewaan treatment ini. Dengan cara panas yang diberikan pada alat berbentuk sendok, akan menstimulasi sel kulit, connective tissue dan organ-organ lainnya sehingga bisa bekerja lebih baik dalam men-supply nutrisi ke dalam aliran darah. Selain itu, golden spoon therapy akan memberikan kontraksi yang dapat memacu sirkulasi darah lebih baik sehingga mampu membuat efek kulit sehat dan mengatasi kulit yang pucat, tidak bersinar, dan memiliki kerutan tidak sehat.

Sedangakan getaran berfungsi untuk menghilangkan ketegangan dan membuat kulit wajah menjadi lebih rileks. Proses pemberian getaran bertujuan untuk membersihkan aliran limfe atau yang disebut dengan proses lymphatic drainage, sehingga tubuh bisa terbebas dari toksin atau racun-racun. Racun tersebut dikeluarkan melalui keringat atau saluran urine.

Aliran listrik atau micro current yang biasa juga disebut dengan proses Bio Electrical menstimulasi otot, sehingga kerutan-kerutan pada lapisan dermis kulit menjadi lembut. Disisi lain, emas yang dijadikan penghantar memiliki efek mencerahkan wajah dan peremajaan kulit. Sebagai instant brightening, emas mampu memberikan stimulasi dan kekuatan yang tidak statis. Sehingga mampu mengaktivasi sel, dan meningkatkan resistansi kulit. Selain itu kandungan emas bisa memberikan kekuatan untuk pengeluaran racun dari lapisan sel kulit. Inilah yang menjadikan kulit tampak lebih putih, kencang, lembab dan bening seketika setelah treatment. Instan tapi tidak menyusahkan.

Pantangan

Meskipun tergolong aman dan tidak memiliki efek samping, namun tidak semua orang bisa menjalani terapi ini. Bagi penderita penyakit jantung yang menggunakan alat pacu jantung, penderita kanker, liver, gagal ginjal, varicocity, wanita hamil, wajah dengan jerawat yang meradang, atau memiliki luka yang baru di wajah sangat tidak dianjurkan untuk melakukan treatment ini. Terutama bagi ibu hamil karena dikhawatirkan akan menimbulkan reaksi yang tidak diinginkan terhadap janin yang ada di dalam kandungannya.

Selain itu terapi bisa dilakukan oleh wanita berusia mulai dari dua puluh tahun hingga tak terbatas. Semakin dini treatment dilakukan, akan semakin baik untuk mencegah penuaan dini akibat berbagai faktor yang ada.

Dan bagi wanita yang ingin melakukan golden spoon therapy, tidak ada aturan khusus untuk menjaga kulit setelah di treatment. Keuntungannya lainnya, Anda bisa tetap cantik tanpa make up setiap hari karena wajah Anda begitu beningnya. Namun jika Anda ingin kulit wajah tetap tampak putih, bening, kencang dan lembab, Anda bisa menjadikan treatment ini sebagai rutinitas. Namun Anda cukup melakukannya satu kali saja setiap bulan. Namun, lebih baik lagi jika diimbangi dengan pola hidup sehat, makan teratur dan bergizi, serta istirahat cukup. Maka kecantikan kulit tak hanya seketika dirasakan tapi untuk selamanya. (fbr)


8.Cara Aman Pilih Waxing

cooldesak - Bulu-bulu halus menggangu di area ketiak, kaki dan tangan? Jangan lantas mencukur habis dan berpikir masalah bulu halus selesai sudah. Ternyata tidak. Sebab, dengan mencukur, resiko terkena iritasi kulit lebih besar. Salah satu cara yang dianggap mujarab adalah waxing. Ini memang teknik baru, tetapi masih banyak yang salah dalam mengartikan waxing dan akhirnya memutuskan untuk di waxing. Karena, sebelum waxing, sebaiknya tahu jenis dan area yang akan di waxing.

Waxing, merupakan teknik membersihkan kulit dari bulu-bulu halus, meski tidak terlalu terlihat, namun banyak wanita yang merasa kurang nyaman bahkan dianggap sebagai penghalang untuk tampil cantik. Waxing bisa dilakukan untuk alis, kumis, ketiak, tangan, kaki, dan paha. Bahkan ada juga waxing untuk mempercantik bagian intim yang sebut dengan waxing bikini line dan brazilian wax

Untuk jenisnya, waxing ada dua, yaitu, hot waxing dan cold waxing. Hot waxing biasanya dilakukan di salon atau di klinik-klinik tertentu dengan menggunakan lilin yang dipanaskan terlebih dahulu. Ada juga hot waxing yang disebut sugaring, yaitu menggunakan gula yang dicairkan sebagai pengganti lilin. Sedangkan cold waxing adalah proses waxing yang tidak membutuhkan prosedur pemanasan terlebih dahulu, biasanya dapat dijumpai di supermarket dalam bentuk tube siap pakai.

Dilakukan Sendiri

Sebenarnya waxing bisa dilakukan sendiri, asalkan Anda tahu kondisi permukaan kulit. Jadi ada baiknya, periksa dulu, apakah kulit mudah terkena iritasi. Jika iya, sebaiknya menunda dulu niat untuk menghilangkan bulu-bulu halus di tubuh Anda.

Langkah selanjutnya adalah mensterilkan bagian kulit dari luka akibat pencabutan. Caranya mudah saja, bubuhkan pre wax lotion. Dan juga chamomile powder agar minyak pada kulit terserap dan kulit anda terasa nyaman. Dengan bantuan sepatula, berupa alat wax berbentuk kuas, oleskan lem wax tipis sesuai arah tumbuhnya rambut. Tutup dengan lembaran kain khusus, lalu tekan-tekan agar melekat.

Kemudian, dengan gerakan cepat dan berlawanan dengan arah tumbuhnya bulu, cabut kain penutup secepatnya. Setelah selesai, oleskan celundola lotion atau after wax shothener untuk mengangkat sisa-sisa wax. Bagian tubuh yang selepas mengalami waxing akan berubah warnanya menjadi kemerah-merahan. Untuk mencegah iritasi, oleskan camomile lotion secepatnya.

Diamkan beberapa menit, kemudian bersihkan.

Sesudah waxing, disarankan mengoleskan lotion khusus untuk memperlambat tumbuhnya bulu. Disarankan juga melakukan paraffin treatment agar kulit semakin lembut. Umumnya waxing dilakukan dua minggu sekali bagi yang memiliki bulu-bulu yang lebat. Tetapi bagi yang pertumbuhan bulunya normal, bisa dilakukan 3-4 minggu sekali agar kulit tetap mulus.

Untuk alatnya, ada dua macam alat yang digunakan dalam proses waxing, yaitu waxing pistol dan waxing strip. Waxing pistol menggunakan alat yang menyerupai pistol. Sedangkan waxing strip menggunakan sejenis lotion (foam atau lem khusus) yang di tutup dengan lembaran kain khusus kemudian dicabut.

Tips Before and After Waxing

- Ingat, waxing hanya dapat dilakukan pada kulit dengan panjang bulu maksimal 0,6 cm.

- Gunakan antibiotik berbentuk krim selama 2-3 hari setelah waxing. Fungsinya sebagai pelembab dan menghindari iritasi

- Jika kulit teriritasi akibat waxing, gunakan kain tipis yang direndam dengan susu bubuk dan air dingin, lalu tempelkan10 menit dan diulang beberapa kali. Meski menimbulkan rasa sakit, tapi hasilnya lebih halus dan bersih. Pertumbuhan bulu pun lebih lambat 4-6 minggu.

- Untuk wanita yang memiliki kulit sensitif alangkah baiknya mencoba atau melakukan tes produk terlebih dahulu.
• Perhatikan jenis lotion, foam atau lem wax yang akan digunakan. Apakah cocok dengan kulit atau tidak. Sebaiknya memilih pola wax yang sesuai dengan kulit (bisa menggunakan foam atau lem wax).
• Jangan lupa konsultasikan ke dokter kulit sebelum melakukan waxing. (fbr)

•Ringankan Kulit Wajah Dengan Tea Spa

cooldesak - Kini, teh tak hanya menjadi minuman kesehatan, tapi juga bisa dipakai dalam dunia kecantikan. Teh hijau atau yang dikenal dengan nama green tea ternyata juga bermanfaat untuk merawat dan menjaga kecantikan tubuh dan wajah. Sebab, tak hanya mengandung antioksidan, di dalam teh hijau juga terdapat rangkaian esensi teh hijau, biogel dan gingseng. Esensi teh hijau merupakan antioksidan yang berguna menyegarkan kulit dan mengimbangi radikal bebas yang mampu memperlambat proses penuan dini. Diperkaya dengan ginseng, rangkaian ini menjaga kerja metabolisme agar kulit wajah tetap sehat dan bercahaya. Sedangkan molukel halus biogel, berfungsi membantu sel kulit untuk menyerap esensi teh hijau dan gingseng dengan baik ke dalam tubuh. Sementara antioksidan yang merupakan kandungan terbesar dalam teh akan merelaksasikan tubuh, meremajakan kulit dan juga akan membuat seseorang lebih rileks dan lepas dari kepenatan.

Teh Jepang

Daun teh pilihan yakni green tea dan black tea merupakan teh asli Jepang. Teh yang sudah dibuat menjadi serbuk halus jika dilumurkan ke seluruh tubuh akan memberikan rasa relaksasi pada kulit. Wangi teh dan kandungan antioksidan dalam teh akan berfungsi mengeluarkan radikal bebas dalam tubuh sehingga tubuh menjadi rileks dan segar kembali. Sebab, teh mengandung antioksidan, merelaksasikan tubuh, meremajakan kulit sehingga membuat orang lebih rileks.

Memanjakan kulit setelah bekerja seharian, tea spa bisa jadi alternatif agar kulit menjadi segar. Teh yang dipakai adalah jenis green tea dan black tea langsung dipakai dalam bentuk scrub. Selain dijadikan scrub, teh juga bisa dibuat untuk masker wajah. Masker teh ini bisa mengencangkan kulit, sedangkan scrub menghaluskan kulit tubuh. Fungsi dasar dari green tea sendiri adalah mematikan sel dan mengangkat sel kulit mati. Setelah 5-6 kali perawatan secara rutin dua minggu sekali, akan terasa manfaatnya, kulit akan lebih rileks dan halus.

Khasiat

Sebenarnya, teh hijau (green tea) atau teh hitam (black tea) mempunyai khasiat yang tak jauh berbeda. Keduanya bisa untuk menjaga kecantikan dan relaksasi kulit. Seperti yang diketahui esensi teh hijau merupakan antioksidan yang berguna menyegarkan kulit dan mengimbangi radikal bebas sehingga mampu memperlambat proses penuaan. Dalam teh mengandung polyphenols, suatu zat yang dapat mengikat radikal bebas dalam darah. Zat ini banyak terkandung terutama dalam teh hijau. Teh hijau juga bagus untuk kulit karena dalam teh hijau mengandung vitamin A, C dan E, berupa vitamin untuk kulit.

Sedangkan teh hitam (black tea) bisa mengusir bau mulut. Sebab, mengandung fluoride. Zat yang mampu melawan bakteri bau di mulut dan juga bisa menguatkan email gigi. Teh hitam ternyata bukan hanya berkhasiat untuk kesehatan, tapi juga bermanfaat untuk kecantikan. Jika dioleskan ke kulit, antioksidannya yang kuat bersamaan dengan vitamin-vitamin E dan C memerangi radikal-radikal bebas, sejenis molekul reaktif, yang antara lain menyebabkan penuaan dini. Teh juga bisa membantu mengatasi mata sembap dan jerawat. Termasuk mengencangkan bibir, menghitamkan rambut dan lain-lain. Kandungan tanin-nya, baik untuk menenangkan kulit yang terbakar sinar matahari. Selain kedua jenis teh tersebut, ada juga chamomile tea. Jenis Teh yang satu ini, bisa dipakai untuk mendinginkan kulit yang teriritasi. Caranya, campurkan satu buah pisang matang dengan dua sendok teh, terus lumatkan. Kemudian adonan tersebut diratakan pada kulit yang teriritasi.

Tahapan Tea Spa

Tea spa memang cocok bagi wanita yang padat dengan aktivitas dan butuh waktu untuk relaksasi. Tak hanya pikiran, tapi juga relaksasi kulit. Sebab, berada di luar ruangan dengan terpaan sinar matahari atau di dalam ruangan dengan kondisi berAC, menjadi musuh terbesar kulit karena mengakibatkan kekeringan. Dengan tea spa, kondisi kulit akan menjadi rileks. Menurut Amel, tahap tea spa, tidak rumit. Pertama dilakukan konsultasi dulu untuk memilih jenis perawatan. Misalnya untuk merilekskan kulit. Tahap berikutnya adalah proses scrub dengan memakai green tea atau black tea. Setelah itu dilakukan massage tradisional, lalu dilakukan mandi susu jika mau atau berendam dengan ramuan teh. Selanjutnya dilakukan refloxology yang juga memakai bahan teh. Sebelum dipijat, kaki lebih dahulu direndam dalam campuran air dan teh. (fbr)


•Perlukah Suplemen Untuk Tubuh?

cooldesak - Siapa yang tidak mau panjang umur dan juga tetap sehat diusia yang sudah lanjut. Sayangnya di era serba modern dan instan, banyak orang tak lagi peduli dengan kesehatan. Makan yang penting mengisi perut lapar. Lembur hingga larut pagi. Ditambah lagi tingkat stres tinggi lantaran macet dan tumpukan deadline. Alhasil tubuh cepat lemas dan sakit. Padahal menurut WHO, kesehatan adalah kondisi dinamis yang meliputi kesehatan jasmani, rohani, sosial dan bukan hanya terbatas dan terbebas dari penyakit saja.

Berbagai penyakit, seperti jantung, komplikasi diabetes, kolestorel, menjadi penyakit yang menghantui masyarakat perkotaan. Pemicu masalah kesehatan pada umumnya adalah gizi yang tidak seimbang, polusi udara, air, makanan dan juga tingkat stres yang tinggi.

Medical Check Up

Dalam pemaparan dr. Irena Winata, dari RS OMNI Medical Center, dalam Seminar ’Hidup Sehat Lebih Bergaya’ mengatakan, langkah pertama untuk mengetahui kesehatan tubuh adalah mengenali kondisi tubuh. Siapa lagi yang kenal tubuh Anda, selain Anda sendiri bukan?

Langkah-langkah yang dianjurkan dr. Irene, seperti melakukan medical check up, untuk mereka yang berusia diatas 30 tahun secara berkala atau setahun sekali. Mengetahui status gizi. Apakah Anda terlalu gemuk atau kurus? Periksa rutin tekanan darah, fungsi nafsu makan, buang air, panca indra dan tingkat kepintaran. Apakah Anda sudah sering lupa? Awas, ini gejala penurunan daya ingat karena tubuh tidak sehat. Tambahannya untuk wanita sebaiknya melakukan pap smear dan payudara. “Untuk sehat, jangan lupa istirahat cukup, lakukan rekreasi, olahraga dan makanan. Makanan sehat bukan berarti makanan enak, loh!,” kata dr. Irene.

Food Suplemen

Namun, banyak orang memang pada kenyataannya tidak bisa melakukan pola hidup sehat dengan benar. Alasan bermacam-macam, mulai dari pekerjaan hingga malas untuk berolahraga. Karena itu, diperlukan food suplemen agar keseimbangan hidup sehat tercapai. Sebelum mengkonsumsi, ada baiknya mengetahui, mengapa food suplemen itu diperlukan. Biasanya, food suplemen dianjurkan bagi orang yang bermasalah dengan kesehatan, misal sering sakit, kurang fit, memiliki gaya hidup tidak sehat, merokok, minum alkhohol. Orang yang dalam masa pemulihan, kondisi stres dan memiliki aktivitas tinggi. Food Suplemen juga diperlukan bagi mereka yang sudah lanjut usia.

Diharapkan dengan mengkonsumsi food suplemen, mengoptimalkan fungsi organ tubuh, mendapatkan kesehatan prima, melengkapi kebutuhan nutrisi yang kurang dari makanan, mencegah penyakit dan juga membantu pembuangan cemaran dalam tubuh.

Kandungan Suplemen

Teliti sebelum membeli. Sebaiknya sebelum memutuskan untuk membeli food suplemen, perhatikan benar, kandungan gizi yang dibutuhkan tubuh. Food suplemen yang mengandung protein, asam amino sebagai pembentukan sel baru. Beta karoten dengan antioksidan sebagai penangkal radikal bebas. Klorofil, untuk pertumbuhan sel, penangkal radikal bebas dan juga mengandung vitamin, mineral dan serat.


#God Luck Kawan ^^

Posting Komentar